Skip to content

Simak Cara Efektif Optimalkan Video di YouTube

Spread the love

YouTube adalah mesin penelusuran terbesar kedua setelah Google yang banyak dipakai oleh masyarakat masa kini dari mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Semakin banyak orang yang menggunakan fasilitas video yang diunggah di YouTube untuk kepentingan promosi bisnis. Lalu bagaimana cara untuk memaksimalkan video di YouTube yang mudah dan efektif?

Cara Efektif Untuk Maksimalkan Video di YouTube dengan Mudah

Banyak YouTuber yang berusaha untuk melakukan optimalisasi video di YouTube dengan tujuan mendapatkan jumlah penonton yang banyak setiap harinya. Terutama untuk mereka pemilik channel YouTube yang memonetisasi video yang diupload di YouTube.

Di bawah ini adalah beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan video yang ada di YouTube.

  1. Maksimalkan metadata

Di YouTube ada beberapa hal penting yang disebut metadata mencakup judul, deskripsi dan tag video. Untuk membuat video yang diunggah di YouTube menjadi lebih maksimal maka sebaiknya lakukan riset pada kata kunci yang digunakan sehingga benar-benar memiliki kata kunci yang mudah dicari di YouTube. Jangan lupa beri tag yang memudahkan pengguna untuk mencari video yang terkait.

  1. Beri deskripsi pada video

Cara yang kedua adalah dengan memberikan deskripsi pada video yang diupload. Deskripsi yang ditulis harus berisi keterangan singkat, padat dan jelas mengenai isi video tersebut. Gunakan kata-kata yang jelas dan lugas sehingga mudah dipahami oleh penonton.

  1. Minta pelanggan untuk berikan suka, komentar dan bagikan

Agar supaya video Anda mendapatkan ranking atau posisi yang bagus maka harus bisa mendapatkan like, komentar atau bisa dibagikan oleh penonton. Anda bisa meminta pada penonton setia channel YouTube Anda untuk memberikan suka, komentar tertentu atau membagikannya pada orang lain yang mereka inginkan.

Semakin banyak like atau suka yang Anda dapatkan dari penonton, maka semakin besar peluang video Anda untuk menjadi viral serta banyak ditonton oleh pengguna YouTube.

  1. Durasi video

Dalam hal ini, penonton biasanya kurang menyukai durasi video yang terlalu pendek atau terlalu panjang. Jadi buatlah video yang memiliki durasi sedang namun cukup untuk membuat penonton mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Umumnya durasi video yang pas adalah berkisar antara 15 hingga 20 menit. Usahakan pengambilan video terlihat bagus dan tenang serta jangan lupa untuk memastikan suara terekam dengan jelas.

  1. Buat konten yang berkualitas

Hindari membuat konten yang tak berguna, pilih tema konten yang bisa memberikan manfaat baik bentuk ilmu atau hiburan pada penonton channel YouTube Anda. Fokus pada manfaat atau informasi yang akan dibagikan pada penonton. Pastikan bukan berisi konten plagiat dan juga tidak bersifat menjatuhkan konten video lainnya.

  1. Publikasikan video

Kemudian cara yang terakhir adalah dengan melakukan publikasi pada video yang diupload. Anda bisa mempublikasikan melalui iklan di berbagai platform digital, gunakan media sosial dan selenggarakan give away untuk menarik penonton.

Cara Mudah Promosikan Video YouTube untuk Tingkatkan Jumlah Penonton

Sedangkan untuk promosikan video YouTube, Anda bisa menggunakan beberapa cara seperti berikut ini.

  • Kata kunci yang SEO Friendly

Gunakan kata kunci yang SEO friendly. Untuk membuat kata kunci yang SEO friendly memang tidaklah mudah, Anda harus melakukan riset dan analisis terlebih dahulu. Usahakan kata kunci bisa dengan mudah dicari dan dideteksi oleh Google sehingga video yang diupload akan muncul ketika pengguna YouTube mencari sesuai kata kunci.

  • Judul video yang pendek

Sebaiknya buat judul video dengan kata yang singkat, padat, jelas dan menarik. Karena judul yang biasanya akan menentukan penonton melihat video tersebut sampai selesai atau tidak. Padahal rank YouTube ditentukan dari berapa lama durasi penonton melihat video Anda.

  • Buat interaksi menarik dengan penonton

Jangan lupa untuk membuka kolom komentar yang ada di fasilitas YouTube. Pastikan untuk setting filter komentar sehingga tak ada komentar negatif yang bisa mempengaruhi kondisi emosional Anda. Kolom komentar akan menjembatani komunikasi antara Anda dan penonton secara aktif.

  • Berikan deskripsi yang menarik

Usahakan untuk memberikan deskripsi yang menarik pada video Anda. Terkadang beberapa penonton membaca deskripsi video terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menonton video YouTube. Deskripsi bisa berupa penjelasan sekilas tentang apa yang ada dalam video yang diupload.

  • Pakai media sosial

Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan media sosial untuk promosi serta meningkatkan jumlah penonton yang melihat video Anda. Anda bisa memberikan tag untuk video yang diupload pada media sosial yang dimiliki. Atau bisa juga dengan membagikan link ke video YouTube Anda melalui media sosial yang digunakan.

Sekian ulasan tentang bagaimana cara untuk memaksimalkan video yang ada di YouTube khususnya untuk membantu tingkatkan jumlah penonton secara efektif. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.