Skip to content

Segmentasi di Era Digital yang Paling Berpengaruh

Spread the love

Di dalam dunia bisnis pastinya akrab dengan istilah segmentasi pasar. Merupakan satu jenis strategi pemasaran yang sudah umum dipakai oleh pebisnis dengan tujuan agar potensi pasar mereka bisa meningkat dengan cara mengelompokkan pelanggan sesuai dengan kelompok pasarnya. Adapun jenis pengelompokan yang dilakukan terdiri dari segmen perilaku, geografis dan demografis.

Segmentasi Pasar yang Paling Berpengaruh di Era Digital Terkini

Semua orang kini sudah akrab dengan segala hal yang berbau digital. Dari mulai kebutuhan komunikasi, berbelanja hingga menyelesaikan pekerjaan pun tak lepas dari peran digital di dalamnya. Namun ada beberapa syarat dimana segmentasi pasar bisa dilakukan.

Diantaranya adalah dimana segmentasi pasar yang dilakukan harus bisa terukur dengan benar. Maksudnya adalah pebisnis harus bisa melakukan pengukuran pada luas dan besar pasar tempatnya berbisnis serta mengukur daya beli yang potensial di lokasi tersebut. Anda juga harus memastikan segmentasi pasar bersifat logis dan bisa dilakukan, yang mana erat kaitannya dengan pembuatan strategi untuk pelaksanaannya.

Seorang pebisnis juga harus mengetahui apa yang menjadi target dalam segmentasi pasar yang dibuatnya. Dan perlu diketahui syarat segmentasi pasar bisa dilakukan adalah dimana pasar tersebut bersifat heterogen dan memiliki lingkup target pasar yang jauh lebih luas.

Berikut ini beberapa segmentasi pasar yang paling memberikan pengaruh di era digital saat ini.

  1. Generasi Milenial

Generasi Milenial adalah generasi yang di dalamnya terdiri dari banyak anak muda atau remaja. Beberapa ciri khas dari anak muda seperti suka mencoba hal yang baru, lebih mudah untuk memberikan pengaruh atau influence teman sebaya dan selalu berupaya untuk ikut tren baru.

Mereka juga lebih peduli dengan apa yang terjadi di sekitarnya sekaligus mampu menyuarakan pendapat sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan baik. Anak muda akan memiliki peran yang sangat penting dalam peluncuran produk baru Anda karena mereka memang sangat menyukai tantangan dan hal baru.

  1. Wanita

Kemudian segmentasi yang kedua adalah wanita. Dalam segmen ini kategori wanita terbagi menjadi 3 jenis yaitu wanita sebagai ibu rumah tangga, wanita sebagai ibu rumah tangga yang ingin bekerja dan wanita sebagai bekerja wanita karier.

Adapun sifat wanita yang gemar mengumpulkan dan berbagi informasi menjadi alasan karena dengan begitu bisa menjadi media promosi yang efektif untuk bisnis. Peran perempuan juga menjadi manajer semua bidang dalam dunianya yaitu keluarga dan pekerjaan. Hal itu membuat wanita memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam lingkup keluarga atau lingkup dunia kerja mereka sehingga berpotensi menjadi segmen yang tepat untuk bisnis Anda.

  1. Netizen atau pengguna internet

Kemudian segmentasi pasar yang terakhir adalah netizen. Adalah semua orang yang menggunakan internet untuk semua kebutuhan yang mereka miliki. Para netizen biasanya sangat menyukai kegiatan mengumpulkan informasi yang ada di sekitar mereka.

Mereka juga sangat suka mengkritik namun siap memberikan kontribusi dan selalu terhubung dengan netizen lainnya. Netizen juga suka menikmati konten dan terlibat aktif di dalamnya. Dalam hal bisnis, seorang netizen bisa menjadi seorang pencerita yang bersifat autentik karena berasal dari pengalaman sendiri.

Hal itulah yang menjadikan seorang netizen adalah segmentasi pasar ketiga setelah anak muda dan wanita. Banyak sekali pebisnis yang memanfaatkan peran seorang blogger untuk turut mempromosikan produk baru yang mereka luncurkan. Banyak sekali tulisan yang di-posting baik melalui blog pribadi maupun umum yang memiliki tema atau konten terkait usaha dan brand tertentu.

Prosedur yang Harus Dilakukan dalam Segmentasi Pasar

Untuk melakukan segmentasi pasar, setidaknya pebisnis harus melalui beberapa hal berikut ini.

  • Survey

Pebisnis harus bisa melakukan survey terkait pangsa pasar dari bisnis yang dilakoninya. Hal itu bisa dilakukan dengan beberapa langkah seperti untuk menyebarkan angket, melakukan wawancara atau dengan meminta saran serta pendapat dari masyarakat selaku konsumen.

  • Analisis

Setelah data dan informasi sudah berhasil didapatkan maka tahap berikutnya adalah dengan melakukan analisis pada data serta informasi tersebut. Hasil analisis akan memberikan informasi lainnya terkait penyebab dari sikap dan motivasi yang dimiliki oleh konsumen. Yang mana kemudian akan menjadi dasar untuk mengelompokkan sesuai segmentasi pasar yang ada.

  • Membuat profil

Setelah langkah kedua bisa diselesaikan secara lengkap, barulah menuju ke langkah yang ketiga yaitu untuk membuat profil. Akan dibuat kelompok konsumen sesuai dengan data yang diperoleh saat survey ditambah dengan data pendukung yang didapatkan setelah data survey dianalisis. Setelah konsumen dikelompokkan, barulah produk bisa dipasarkan pada kelompok sesuai informasi yang didapatkan di awal.

Itulah beberapa hal penting tentang segmentasi pasar yang ada khususnya di era serba digital seperti saat ini. Informasi tersebut sangat penting untuk diketahui oleh Anda terutama yang sedang merintis bisnis.